Sekda Kota Manado buka Bimtek Pol PP

Puluhan anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Manado mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) yang dilaksanakan mulai Kamis 25 sampai Sabtu 27 Oktober 2018 bertempat di Hotel Sutan Raja Kabupaten Minahasa.

Pembukaan secara resmi Bimtek ini dilakukan oleh Sekertaris Kota Manado yang baru yakni  Micler Lakat. SH, MH yang juga dihadiri oleh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Satpol PP beserta pejabat

struktural dilingkungan Satpol PP dan sejumlah unsur TNI-POLRI.

Bimtek yang dilaksanakan selama 3 hari ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terhadap anggota / aparatur Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bukittinggi tentang tugas pokok dan fungsi serta peranan Satpol PP, disamping itu Bimtek ini juga untuk memberikan pemahaman tentang Standar Operasional Prosedur (SOP) Satpol PP dan Cara Bertindak (CB) sesuai dengan Permendagri Nomor 54 Tahun 2011 tentang SOP Satuan Polisi Pamong Praja.

Sementara itu Xaverius A. Runtuwene SIP selaku Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Manado mengatakan bahwa Bimtek ini diupayakan untuk meningkatkan profesionalisme petugas Satpol PP di lapangan.

“Untuk menuju profesionalisme tersebut minimal ada tiga persyaratan yang harus dimiliki yakni skill atau ketrampilan, kemudian knowledge atau pengetahuan dan attitude atau sikap, apabila seorang petugas Satpol PP yang bertugas dilapangan menerapkan ketiga hal ini baru dapat dikatakan profesional”, ujarnya.

Lanjut Xave mengatakan bahwa pembekalan ini perlu dilakukan karena Satpol PP yang selalu berinteraksi dan berkomunikasi dengan masyarakat di lapangan dalam bertindak agar sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan oleh Permendagri, dan diharapkan petugas Satpol PP agar lebih humanis dan tidak terkesan arogan di lapangan sesuai dengan tuntutan reformasi, tambahnya.

Sekertaris Kota Manado terpilih Micler Lakat. SH, MH  dalam sambutannya mengatakan, “dengan dimasukkannya urusan ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat dalam urusan pemerintahan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar dalam UU Nomor : 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah maka  peran Satpol PP semakin strategis, untuk itu pola sikap dan perilaku harus benar – benar menjadi perhatian Satpol PP dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,  disamping itu Satpol PP harus memiliki unsur – unsur humanis, berdedikasi, disiplin dan tegas”, ujar Mantan Asisten Pemerintahan dan Kesra itu.

Bimbingan Teknis Bimtek dengan mengusung tema SINERGITAS LINMAS MEMBANGUM TIBUM TRANMAS DI KOTA MANADO itu ditutup oleh Kasat Pol PP Kota Manadoo “dengan Bimtek ini saya berharap dijadikan wahana meningkatkan pengetahuan, serta dapat menjalankan tugas pokok dan fungsi dalam penegakan Perda disamping dapat membentuk Satpol PP yang professional dan terlatih pada bidangnya sehingga mampu mengimplementasikan pada tugas – tugasnya sebagai aparatur pemerintahan daerah.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *